Home Artikel Berpetualang Bersama Ulysses Moore

Ungkapan buku adalah jendela dunia pastinya sudah sering kita dengar, ya? Atau ada lagi ungkapan yang mengatakan bahwa dengan membaca buku, maka kita seakan-akan ‘jalan-jalan’ ke tempat yang belum pernah kita datangi sebelumnya.

Sebagai orang yang senang membaca, saya menganggap ungkapan-ungkapan di atas itu benar. Bahkan, tidak sekedar jendela dunia atau jalan-jalan saja, membaca buku dapat membawa kita seakan-akan mengalami peristiwa yang terjadi di dalam cerita.

Benar! Kita akan membicarakan tentang buku petualangan. Genre yang satu ini memang menjadi salah satu genre favorit kebanyakan pembaca. Apalagi kalau penulisnya pintar memainkan plot cerita sehingga pembaca sampai  terlarut dalam petualangannya dan nggak tahu gimana akhir ceritanya.

Generasi 80 atau 90-an pasti akrab dengan serial Detektif Cilik, STOP, Lima Sekawan, atau Sapta Siaga. Lebih jadul lagi, ada Pilih Sendiri Petualanganmu yang diterbitkan oleh grup Walt Disney. Jaman sekarang kita akrab sama Harry Potter, Percy Jackson, sampai buku-buku petualangan karya penulis lokal. Bagus-bagus, lho!

Satu seri buku petualangan yang cukup menarik perhatian adalah seri Ulysses Moore. Di sini diterbitkan oleh Penerbit Erlangga dan dapat dibeli di Eureka Bookhouse. Seri petualangan ini ditulis oleh penulis Italia, Pierdomenico Baccalario. Ulysses Moore berlatar cerita di sebuah tempat bersama Kilmore Cove, sebuah tempat di Inggris.

Sejauh ini, sudah ada enam judul dari seri ini yang diterjemahkan. Nah, judul yang terakhir, Kunci Utama, baru saja keluar. Setelah dibuat penasaran dan berdebar-debar pada buku-buku sebelumnya, pada buku Kunci Utama ini terungkap bahwa Ulysses Moore masih hidup! Wah, terus bagaimana dong? Apa yang terjadi kepada Jason dan Julia Covenant selanjutnya?

Ulysses  Moore: Kunci Utama

Ulysses Moore: Kunci Utama

 

Serunya membaca seri ini adalah kita ‘dibawa’ ke macam-macam zona waktu, karena setting cerita pada seri buku ini berbeda-beda. Pada tiap zona waktu atau tempat tersebut, ada tugas atau pengalaman seru yang harus dijalani oleh para karakter, dengan mengemban resiko tidak bisa pulang  kembali ke rumahnya, lho!

Keunggulan lain dari seri Ulysses Moore ini adalah buku ini tidak hanya menceritakan tentang serunya pengalaman mengarungi beragam zona waktu, tapi juga mengajarkan kesetiakawanan,  keberanian, saling menyayangi, dan pantang menyerah. Pilihan kata dan penyusunan kalimatnya juga baik dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Keseruan ceritanya juga membuat orang dewasa juga tertarik untuk membacanya.

Jadi, segera bergerak dan ikuti petualangan seru bersama Ulysses Moore!

Leave a Reply