Home Reviews Reading For Traveling

Hampir semua orang yang saya kenal mengaku senang jalan-jalan atau traveling. Saya juga senang. Well, menurut saya hampir tidak ada yang tidak enak dari jalan-jalan. Kita bisa lihat tempat baru, kenalan sama orang-orang baru, mencoba makanan dan minuman baru, belajar kebudayan atau kebiasaan baru, dan masih banyak lagi yang baru dan seru lainnya.

Setiap bepergian, saya selalu berusaha agar perjalanan saya senyaman, semenyenangkan, dan se-memorable mungkin. Saya cukup detail merencanakan apa saja yang perlu dibawa demi mewujudkan tujuan kesenangan tersebut. Apa akibatnya? Bawaan saya jadi banyak banget.

Seriously, banyak banget.

Saya tidak bisa pergi hanya dengan traveling bag, saya harus bawa kopor beroda, dan saya punya kecenderungan overpacking. Saya hampir selalu membawa pakaian lebih dari yang dibutuhkan. Selalu ada pakaian yang tidak terpakai dan selalu ada barang yang sama sekali tidak keluar dari kopor dari hari pertama saya datang sampai pulang. Every. Single. Time.

Sebelum jalan-jalan, saya juga senang mencari tahu tentang tempat yang akan kita datangi. Sederhana saja, supaya kita tidak mati gaya saat sampai di sana. Dan, menurut pengalaman saya, selalu seru kalau bisa membandingkan tempat yang selama ini hanya kita baca atau tonton, eh ternyata kita bisa mengunjunginya sendiri.

Ini seru, lho. Seperti melakukan riset sederhana. Serunya lagi, ini riset tentang jalan-jalan. Buat orang yang senang baca dan browsing kayak saya, ya sudah tentu hal-hal kayak gini menyenangkan.

Selain menyiapkan barang-barang bawaan, saya mau share beberapa referensi bacaan yang bisa dicari dan dibaca sebelum, saat, atau sesudah kita traveling. FUN! *nerd alert*

BUKU

Ada banyak banget buku yang bisa dibaca. Kalau kita pergi ke toko buku besar, cari aja bagian travel  dan kita akan menemukan segudang buku tentang kota-kota dan negara di dunia. Mau lokal atau internasional, banyak! Salah satu buku kesukaan saya adalah seri The Naked Traveler dari Trinity. Cara menulisnya ringan dan lucu, tapi juga informatif.

TNT

ARTIKEL

Nggak harus baca majalah travel, majalah gaya hidup biasa juga kadang suka memasukkan artikel perjalanan yang menarik. Biasanya mereka mengirim penulis dari majalah mereka untuk pergi ke suatu tempat, lalu membuat tulisannya. Bisa juga ada kontributor yang menulis.

Saya suka baca artikel perjalanan dari majalah Pesona atau Femina. Selain gaya penulisannya yang enak, majalah pasti menampilkan foto-foto yang bagus dan menarik.

LAMAN PERJALANAN

Saya suka baca laman Indohoy dan Negeri Kita Sendiri.  Seperti buku tentang traveling, laman traveling juga ada banyak banget.

FILM

Banyak film yang berlatar tempat tertentu dan tentunya membuat kita, para penonton, ingin langsung terbang ke tempat tersebut dan merasakan langsung sensasinya. Iya, kan? Apa jangan-jangan cuma saya aja :)

PK

Lebih seru lagi apabila kita bisa datang ke tempat di mana syuting film tersebut berlangsung. Datang ke Museum Louvre sehingga bisa merasakan petualangan Dr. Landon di film The Da Vinci Code atau pergi ke India dan mengunjungi kuil-kuil supaya tahu perasaannya PK saat mencari Tuhan.

Seru, kan?

Happy searching, happy browsing, happy reading, and happy traveling!

Leave a Reply