Home Reviews Sehat, Bahagia, dan Cantik dengan Yoga

Mulai tahun lalu, saya janji pada diri sendiri untuk mulai rutin berolahraga. Saya pilih lari dan yoga. Alasannya sederhana saja, saya ingin yang mudah, cepat, bisa dilakukan di mana saja, dan sesuai dengan kemampuan saya.

Saya punya beberapa cara ‘menikmati’ olahraga yoga. Satu, bareng sama teman-teman latihan yoga dengan memanggil seorang instruktur profesional, dan kedua, latihan sendiri di rumah pakai DVD. Modalnya nggak macem-macem, hanya yoga mat dan pakaian yang nyaman. DVD-nya saya hanya punya dua dari Rainbeau Mars.

Jaman canggih begini, semuanya serba mudah. Hal yang sama berlaku untuk yoga. Mau latihan sendiri, bisa langsung cari videonya di YouTube, cari DVD yoga, atau beli buku tentang latihan yoga. Banyak banget! Mulai dari Yoga for Beginners, Ashtanga Yoga, Iyengar Yoga, sampai Yoga for Pregnancy.

Walaupun referensinya segudang, kita harus tetap hati-hati. Nggak ada salahnya berkonsultasi sama yang ahli. Satu hal yang saya ketahui, yoga bukan soal canggih-canggihan melipat atau adu lentur badan, melainkan bagaimana proses yang terjadi di dalam diri kita saat mencapai pose-pose tertentu tersebut. Kalau sudah buat jadi ajang pamer, sudah hilang nilai olahraganya :(

Nah, terus harus gimana, dong? Belum ketemu instruktur yoga yang cocok, nih!

Okay, gimana kalau belajar sendiri? Saya punya beberapa pilihan buku yang bisa dibaca :) Here it goes…

Mitos dan Fakta Kesehatan Olahraga & Yoga

Mitos dan Fakta Kesehatan Olahraga & Yoga

Panduan Dasar Yoga

Panduan Dasar Yoga

 

Yoga untuk Kehamilan

Yoga untuk Masa Kehamilan

 

Yoga untuk Kehamilan

Yoga untuk Kehamilan

 

Sebaiknya berapa kali, sih, kita olahraga? Wah, saya kurang tahu kalau untuk frekuensinya. Ada yang bilang seminggu minimal dua kali, tiga kali, sekali aja, setiap hari. Bingung! Jadi, gimana?

Saya selalu berpikir segala sesuatu yang ‘terlalu’ itu pasti kurang baik. Terlalu jarang atau terlalu sering dua-duanya punya efek yang nggak bagus buat tubuh kita. Buku-buku di atas menjelaskan kapan atau berapa kali waktu terbaik untuk kita berolahraga. Sejauh ini, saya masih memegang prinsip rutin. Diusahakan setiap minggu rutin olahraga dengan rutin jam atau frekuensinya.

Pada intinya, olahraga, atau dalam hal ini yoga, adalah sesuatu yang kita lakukan supaya tubuh kita lebih sehat. Nggak hanya itu, sebagai wanita, saya juga ingin tambah cantik dan yang paling penting, tambah bahagia :)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply