Home Artikel Pendidikan Seru dengan Tematik

Sudah kurang lebih dua tahun belakangan ini, saya mengajar dengan menggunakan metode tematik. Metode ini sebenarnya sudah sangat populer digunakan di sekolah-sekolah di luar negeri. Satu kata yang dapat saya sampaikan berkaitan dengan tematik adalah: seru!

Jujur saja, saat pertama kali memulai memang tidak mudah. Bingung mau mulai dari mana, apa saja tema yang mau dipakai, bagaimana menentukan temanya, berapa lama sebuah tema bisa dipakai, dan masih banyak lagi. Cara pertama yang saya gunakan adalah browsing mengenai pilihan tema apa saja yang dapat digunakan di kelas.

Setelah melalui diskusi panjang dengan teman-teman guru serta tenggelam dalam banyak referensi, akhirnya kami mulai dengan membaca atau memahami dulu seluruh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tiap kelas. Kami jabarkan dalam sebuah papan panjang agar lebih mudah mencari benang merahnya. Setelah dapat satu pilihan tema, baru kami membaginya ke dalam pelajaran-pelajaran. Hal ini juga termasuk pembagian waktu belajar, ragam referensi yang digunakan, serta aktivitas dan penilaian.

Cara yang juga kerap saya gunakan adalah menuangkan ide ke dalam peta pikiran (mind map). Tema yang sudah didapat diletakkan di tengah sebagai inti, lalu kemudian cabang-cabangnya adalah penjabaran kegiatan-kegiatan yang disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Cara seperti ini memudahkan saya untuk berpikir secara sistematis dan meminimalisir adanya mata pelajaran yang terlewat.

Bagaimana dengan mata pelajaran yang sulit atau tidak bisa dimasukkan ke dalam tema? Berdasarkan informasi yang saya baca, jawabannya tidak apa-apa. Kita tidak perlu memaksakan semua mata pelajaran masuk ke dalam satu tema. Kalau hal tersebut bisa dilakukan, maka akan baik sekali :) Tapi, kalau tidak bisa, maka pelajaran itu akan diajarkan di luar tema. Bisa saja dibuat tema mini atau diajarkan sebelum sebuah tema dimulai.

Saat ini, sudah cukup banyak buku tentang metode pengajaran tematik yang bisa dibaca. Buat saya yang bisa dibilang pemula dalam menjalankan metode tematik, buku Pembelajaran Berbasis Tema ini menjadi salah satu referensi.

tematik1

Pembelajaran Berbasis Tema: Panduan Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu

Bidang pendidikan merupakan bidang yang dinamis, sehingga orang-orang yang berkecimpung di dalamnya, khususnya guru, diharapkan untuk selalu mau terbuka terhadap hal-hal baru. Banyaknya informasi memungkinkan kita untuk terus menambah perngetahuan dan melatih diri sendiri. Kuncinya ada pada kita, mau atau tidak melakukannya?

Selamat belajar!

Leave a Reply