Home Artikel Umum Siap untuk Ujian

Apa ukuran keberhasilan seorang guru? Banyak. Kalau buat saya yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar, lebih senang kalau pertanyaannya diganti menjadi ‘Apa ukuran kebahagiaan seorang guru?’

Jawabannya lebih banyak lagi.

Ukuran kebahagiaan paling utama untuk saya adalah melihat murid-murid tumbuh sebagai pribadi yang santun, sportif, cerdas, dan senang belajar. Kualitas-kualitas itulah yang saya anggap penting dari seorang manusia.

Nah, caranya bagaimana? Dibutuhkan proses belajar dan mengajar yang panjang, trial dan error yang tak terhitung, serta pikiran yang terbuka dari seorang guru. Di kelas, guru bukan orang yang tahu segalanya. Guru dan murid saling berbagi, dan kadang bertukar peran menjadi sumber pengetahuan.

Sangat menantang.

Okay, kalau dilihat dari target atau tujuan jangka pendek, setiap tingkat kelompok belajar akan diakhiri dengan yang namanya ujian. Entahlah itu Ujian Nasional, Ujian Sekolah, Ujian Praktik, ya intinya namanya ujian. Sampai tingkat SMU, Universitas, dan sampai ke tingkat pekerjaan/profesional, yang namanya ujian pasti akan kita alami.

Tentu saja semua guru menginginkan anak-anak didiknya lulus ujian dengan nilai yang baik. Itu wajar. Sulit tidak, sih, lulus ujian dengan nilai yang baik?

Lagi-lagi, sebagai seorang guru, saya akan menjawab tidak sulit. Asalkan semuanya sudah dipersiapkan sedini mungkin. Pertanyaannya akan berubah menjadi, persiapan seperti apa, dong, yang harus dilakukan?

  1. MENTAL

Sudah belajar sampai begadang, menghafal semua isi buku, tapi kalau dilanda rasa cemas dan takut berlebihan saat ujian, artinya nol besar. Mulai dari kelas 3 SD, saya sudah memperkenalkan murid-murid saya dengan situasi ujian. Sesekali, rancang suasana ulangan umum atau kuis sederhana seperti ujian, lengkap dengan kartu ujian, nomor kursi, tata letak, dan batas waktu yang diberikan. Semakin mendekati ujian, semakin sering.

2. MANAJEMEN WAKTU

Perkenalkan murid dengan konsep manajemen waktu yang baik. Ajarkan cara berhitung sederhana berapa lama sebuah soal seharusnya diselesaikan. Biasakan juga murid untuk mendahulukan soal-soal yang mudah dan tidak terpaku pada soal yang mereka anggap sulit.

3. KONSEP DIRI YANG POSITIF

Ini merupakan proses yang panjang namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada baiknya sekolah mulai fokus pada hal ini sedini mungkin. Mulai kapan? SD kelas 1? Bagus! Atau mulai TK? Lebih bagus lagi. Intinya, tanamkan pada diri murid bahwa mereka adalah pribadi yang berharga, mampu melakukan banyak hal, tidak mudah menyerah, serta tahu bagaimana menghadapi tantangan. Konsep diri positif membuat murid menjadi individu yang kuat sekaligus tenang saat menghadapi soal-soal maupun situasi ujian.

4. LATIHAN SOAL

Soal-soal ujian sebenarnya tidak 100 persen rahasia. Apa maksudnya? Maksudnya, soal-soal ujian sudah dapat diprediksi seperti apa bentuknya. Caranya? Ya dengan latihan soal secara RUTIN. Kebiasaan berlatih mengerjakan soal-soal ujian dengan rutin membuat murid familiar dengan bentuk maupun urutan soal. Hal ini membuat mereka tidak kaget lagi dan merasa siap menghadapi ujian. Pada hari-hari mendekati ujian, bukan waktunya lagi untuk menghafal rumus-rumus atau teori. Tidak ada gunanya. Hal itu tidak akan terjadi apabila guru, murid, dan orang tua sama-sama mendampingi anak untuk belajar dengan rutin.

Buku latihan soal seperti apa yang dapat digunakan? Secara umum, semua buku latihan soal ujian itu sama. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah apakah buku tersebut digunakan secara rutin atau tidak J Buku latihan soal yang baik adalah yang kualitas kertas, tulisan, dan gambarnya tercetak dengan jernih, dilengkapi kunci jawaban lengkap dengan pembahasan, dan bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Salah satu buku yang dapat digunakan adalah buku Fokus UN. Buku ini terbagi ke dalam mata pelajaran yang akan diujikan.

FOKUS BIN

Fokus UN SD/MI Bahasa Indonesia

fokus ipa

Fokus UN SD/MI Ilmu Pengetahuan Alam

fokus mat

Fokus UN SD/MI Matematika

Selain keempat hal di atas, tentu saja hal lain yang juga penting adalah berdoa dan tetap tenang.

Selamat ujian!

Leave a Reply